Menghitung Harga Susu Anak

Punya anak usia 6,5 tahun namun besarnya seperti anak 5 tahun, membuatku merasa semakin resah. Sebentar lagi masuk SD. Bagaimana kalau dia terlalu kecil diantara teman-teman dan membuatnya minder? Akibat kelalaianku, dia memang telah melewatkan momen emas pertumbuhan di 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Pemeriksaan menjadi momen yang menakutkan bagi aku, ibunya yang punya banyak penyesalan. Namun untuk masa depannya, aku mengumpukan tekad memberanikan diri setelah sekian lama berkunjung ke Dokter Spesialis Anak lagi. Bertemu dokter yang tidak men-judge sungguh melegakan. Walau tampaknya seperti ingin bilang tidak banyak yang bisa dilakukan. Dokter menyarankan salah satunya minum susu tinggi kalori.

 

Bicara susu tinggi kalori, bukan jenis susu formula yang dijual bebas tanpa rekomendasi dokter atau ahli gizi. Konsumsi sembarangan apalagi secara berlebihan bisa membuat anak obesitas. Susu khusus ini juga dikenal dengan harganya yang mahal. Semahal apa? Kita hitung yuk!

Banyaknya jenis susu dipasaran akan membuat bingung, maka kita ambil yang kategorinya sama untuk mendapatkan hasil perbandingkan secara tepat. Saya pilih susu formula bentuk bubuk untuk anak usia 3-8 tahun. Kenapa variabel usia ini penting? Karena harga susu untuk usia tertentu sangat berbeda seperti susu khusus bayi prematur harganya lebih mahal daripada susu untuk anak dua tahun.

Selanjutnya ambil sampel beberapa merek susu dengan berat gram yang sama atau mendekati. Sepintas kita bisa lihat bagaimana perbedaan harganya ya, mana yang paling mahal dan yang lebih irit. Tinggal bagi saja harga tertera dengan berat yang tertera pada kemasan, maka dapat hasil harga per gram. Kupikir awalnya begitu tapi ternyata tidak sesederhana itu.

Aku menyadari cara hitung ini setelah habis beberapa kaleng tapi kurang tampak hasilnya di anak. Ternyata yang kulakukan selama tidak tidak tepat. Kenapa? Karena mengurangi takaran dan tidak mengikuti dosis pengenceran yang dianjurkan. Bila pada kemasan tertera 8 takaran sendok, aku hanya berikan setengahnya. Rugi uang terlebih rugi waktu begitulah rasanya. Rugi uang karena harga susunya kini semakin menanjak saja. Rugi waktu karena berlomba-lomba dengan masa pertumbuhan anak yang tak mungkin kembali.

Konten Konselor Laktasi @dianasarilaktasi tentang Takaran Susu Anak

        Setelah menyadari kesalahan, aku membuatkan susu anak sesuai dosis yang tertera di kemasan produk. Ketika mengikuti instruksi, kok susunya jadi cepat habis. Pengeluaran bulanan untuk susu meningkat signifikan. Disinilah aku baru menyadari bagaimana menghitung pengeluaran susu anak yang aku jadikan tantangan Mamah Gajah Ngeblog  bulan Maret tentang "Life Hack yang Mempermudah Hidup". Mempermudah hidup bagian menghitung rencana anggaran untuk susu anak dalam sebulan.

Senang Rasanya Ikut Tantangan MGN 2023

            Bagaimana caraku menghitung pengeluaran untuk susu dalam sebulan? Aku contohkan 3 merek susu formula untuk dibandingkan. Susu pertama Nutrinidrink dari Nutricia. Untuk usia 1 - 12 tahun. Ada sendok takar sendiri di setiap kalengnya. Berat 400 gram, harga Rp 205.000. Harga yang tinggi untuk susu anak, sampai-sampai tersedia pilihan bayar cicilan atau paylater.

Nutrinidrink kemasan kaleng 400 gram dan Petunjuk Penyajiannya

             Dosis pencairan Nutrinidrink adalah 150 ml air dan 10 sendok takar susu (61 gram) sekali minum. Pemberian rata-rata 2 gelas per hari, atau sesuai petunjuk dokter. Ini kentaaal sekali. Dengan takaran seperti itu maka berat isi dibagi dosis takarnya. Sekaleng Nutrinidrink 400 gram dibagi 61 gram sekitar 6.5 gelas. Jika sehari 2 x minum maka 1 kaleng akan habis dalam 3.5 hari. Seminggu 2 kaleng. Sebulan 8 kaleng x Rp 205.000. Maka budget yang dibutuhkan adalah Rp 1.640.000/ bulan.

             Susu kedua, S-26 Promise 4 dari Wyeth Nutrition. Untuk usia 3-12 tahun. Berat 400 gram, harga pertengahan di Rp 85.000. Termasuk jenis susu dengan kalori yang cukup tinggi namun dapat dibeli bebas. Ada sendok takar sendiri di setiap kemasannya.

S-26 Promise 4 kemasan 400 gram dan Petunjuk Penggunaanya

            Dosisnya 210 ml air dan 4 sendok takar (35.52 gram). Jumlah pemberian kita samakan 2 gelas per hari. Untuk S-26 sekotak 400 gram dibagi 35.52 gram sekitar 11 gelas. Sehari 2 x minum maka 1 kotak akan habis dalam 5.5 hari. Sebulan sekitar 5 kotak x Rp 85.000. Maka budget yang dibutuhkan adalah Rp 425.000/ bulan.

            Susu ketiga, SGM Eksplor 5+ produksi Sarihusada Generasi Mahardika. Untuk usia 5-12 tahun. Berat 400 gram, harga lebih terjangkau Rp 38.100. Tidak ada sendok takar dalam kemasan.
SGM Eksplor 5+ kemasan 400 gram dan Petunjuk Penyiapannya

            Takaran penyiapannya dengan mencampurkan 160 ml air dan 3 sendok makan (40 gram). Jumlah pemberian 2 gelas per hari. Untuk SGM Eksplor 5+ sekotak 400 gram dibagi 40 gram jadi 10 gelas susu. Sehari 2 x minum maka satu kotak akan habis dalam 5 hari. Sebulan perlu belanja sekitar 6 kotak x Rp 38.100. Maka budget yang dibutuhkan adalah Rp 228.600/ bulan.

               Lebih baik begitu agar hasilnya optimal. Daripada mengurangi dosis takar, lebih baik cari merk susu yang harganya lebih sesuai kemampuan ekonomi kita. Jangan sampai bela-belain beli susu tapi makanan bergizi malah dilupakan.



8 comments:

  1. Ternyata mahal juga ya pengeluaran susu tiap bulan itu. Tapi memang banyak opsi sih, mau yang jutaan atau ratusan aja..terima kasih trick-nya teh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh. Susu mahal itu kalau liat harga perkemasan kayak yg gak jauh beda. Tapi ternyata dia kenapa bisa mahal karena takaran minumnya banyak bikin cepet abis wkwk

      Delete
  2. Serem banget sih lihat harga susu itu. Makanya aku senang sekali sama dokter-dokter yang tidak terlalu merekomendasikan susu untuk kesehatan usus. Paling beli susu untuk campuran makanan lain seperti sereal atau jadi pengganti santan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener teh. Ini saya juga kalau gak untuk boost BB anak dan rekomendasi dokter juga, gak segininya sama susu anak

      Delete
  3. Ampun teh ... keren pisan ih sempat ya dihitung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe pusing ya teh. Saya juga heran sama kok bisa2nya ngitung beginian 😂😅

      Delete
  4. Wah selamat bersiap masuk SD ya Nak. Semoga ananda sehat walafiat selalu ya Mamah Sistha. :)

    Begitulah seorang Ibu, pasti mencari optimasi kebutuhan, yang kualitasnya bagus, dan tidak membuat budget pengeluaran membengkak.

    Lalu, Mamah Sistha akhirnya stick di susu yang apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Nuhun piduana teh Uril. Deg degan si kk mau SD, semoga dia gak terlalu mungil diantara teman2nya nanti.

      Skrg yg budgetny di restu suami di S-26 atau Bebelac 4. Anaknya bilang lebih suka rasa bebelac. Ya udah itu aja. Penting juga pilih yang anak hepi minumnya..

      Delete