Nama-nama Pasaran

Penting gak penting, tapi perihal nama yang pasaran ini bisa bikin masalah. Seperti dalam drakor She Was Pretty, nama tokoh wanita pasaran sehingga membuat tokoh pria tidak curiga kalau kolega di kantornya adalah teman kecil yang dia cari-cari. Di drakor lain seorang siswi jadi korban pembunuhan, ternyata si pelaku salah sasaran sebab nama korban sama dengan orang yang dia intai.

Ada nama yang menarik bagiku: Sri Wahyuni. Pertama, itu nama seseorang di keluarga besarku. Kedua, nama itu kutemukan di jadwal piket kelas saat aku masih SD. Ketiga, setahunan lalu di konter sebuah toko roti yang kusadari waktu lihat nama petugas kasir di struknya. Keempat, seorang pejabat perempuan di Kalimantan Timur. Waktu kutanya ke ibu, beliau menyebutkan makna kata Sri yaitu "rejeki" dan Wahyuni adalah versi perempuan dari wahyu.


Tentang nama pasaran ini. Ada kisah unik dialami kakakku saat dia masih kuliah dan tinggal di kos-kosan. Ada barang untuk temannya di kos seberang yang dikasihkan ke dia. Kok bisa nyasar padahal ada nama tertulis dibungkusnya ditujukan untuk siapa. “Sri Widya Utami Ningsih”. Haha. Aku tertawa sambil heran. Nama kakakku, “Sri Widya Utami” tanpa Ningsih. Bagaimana bisa sama sampai 3 kata. Ini seperti beli kacang garing dapat kacang biji tiga!

 

Berapa banyak kembaran nama kita?

Dulu, aku tidak begitu suka dengan namaku. Sistha. Aneh dan tidak mudah dimengerti. Kalau ditanya, orang sering salah sebut. Siska, Sinta, Sita, Sisa. Itu baru cara pengucapan. Begitu dieja semakin menyulitkan karena ada huruf “H” ditengah-tengahnya. Bahkan orang tuaku pernah salah tulis juga. Sishta. Aaa gemasnya.

Kalau orang sudah salah dengar aku biasanya malas mengoreksi. Malas menyebutkan lebih dari sekali, jadi biasanya aku iya-iya saja. Kalau bertemu lagi, baru konfirmasi. Bila perlu kutuliskan namaku dengan benar.

Jaman semakin now. Perkenalan di Masa Orientasi Kampus, aku mulai mengalami perbedaan respon orang terhadap namaku. Oleh orang-orang yang seusia. Kali ini bukan lagi salah sebut, malah mempertanyakan. “Itu nama asli? Beneran?”. Mungkin dikira aku bercanda atau sok gaul. Ya, karena pada tahun 2000-an mulai tren istilah English “sister and brother” atau versi lokal jadi “sista” atau “sis” dan “bro”. Ternyata namaku futuristik haha. Bagaimana ibu bisa terpikir nama ini di tahun 80 akhir? Ternyata berasal dari bahasa Jawa kuno, dibaca sistho artinya "mulia".

Persoalan nama ini bagiku ternyata cukup berkesan. Kira-kira di tahun 2010-an, aku kurang kerjaan mencari di internet orang-orang yang bernama sama denganku. Meski namaku tidak umum, masa iya hanya aku seorang pemilik nama ini. Ku ketik kata pencarian di mesin pencari. Terdeteksi ada 4 orang saudara-saudara, pemilik nama dan ejaan “Sistha” tersebar di berbagai Negara.

Kalau dicari sekarang apalagi dengan teknologi AI, bagaimana hasilnya ya?

 

Nama Pasaran di Seluruh Dunia

Berdasarkan Laporan Prospek Populasi Dunia 2024, jumlah manusia yang ada di bumi saat ini diperkirakan berjumlah 8,2 miliar jiwa di 195 negara, termasuk Palestina. Di tiap Negara tentu mempunyai nama-nama pasaran yang khas dengan bahasa dan makna setempat.

Sepanjang tahun 2023, setidaknya ada 27 nama paling pasaran alias paling populer versi Global Index. Aku hanya akan akan menyebutkan 20 besar nama paling pasaran beserta jumlahnya. Kita lihat peringkat 11 sampai 20 nama terbanyak.

11. Li, 13.166.162 orang. Li bisa untuk nama laki-laki atau perempuan artinya “pohon plum”. Di Cina, Li maknanya bermacam-macam tergantung penulisan aksara Cinanya. Secara maskulin maknanya dapat berarti kekuatan, kemampuan, logis, berpengaruh. Secara feminin diartikan cantik atau indah. Variasi Li tergantung wilayah. Kalau di Inggris, Taiwan, Macau dan Hongkong menjadi Lee. Di Vietnam menjadi Ly, Lei di Indonesia, dan Rei di Jepang.

12. Abdul, 12.163.978 orang. Pemilik nama ini adalah muslim. Abdul berarti “hamba”, asalnya dari kata Abdullah yaitu “hamba Allah”. Kemudian Abdul dirangkai dengan kata lainnya dalam asmaul husna agar maknanya menjadi benar. Contohnya Abdurrahman (hamba dari Yang Maha Pengasih) dan Abdul Aziz (hamba dari Yang Maha Perkasa).

13. Ana, 12.091.132 orang. Nama Ana merupakan variasi Anna yang berasal dari bahasa Ibrani. Dalam bahasa Indonesia, Ana berarti "kebaikan", "karunia Tuhan", "berkah", "cantik". Nama ini juga populer di kalangan umat Kristiani mengingatkan dengan nama ibunda Maria yaitu Santa Anna.

14. Ying, 12.047.080 orang. Ying dalam bahasa Tionghoa berarti “elang, batu permata, jade”. Nama Ying melambangkan kemandirian dan kebebasan.

15. Michael, 11.471.765 orang. Asal katanya Mika’el dari bahasa Ibrani yang artinya “siapakah yang seperti Tuhan?”. Dalam tradisi Katolik, Michael dianggap malaikat palinng agung penakluk setan Lucifier yang menentang Tuhan.

16. Juan, 11.372.603 orang. Dalam bahasa Spanyol dan Portugis, Juan memiliki arti “Tuhan Yang Maha Pengasih”. Nama ini banyak dipakai di kalangan raja-raja dan tokoh penting di Portugal, sehingga memberi kesan kebangsawanan dan keagungan. Sedangkan di Filipina, Juan menjadi simbol kekuatan, ketekunan dan jiwa rakyat Filipina.

17. Anna, 11.350.336 orang. Anna seperti juga Ana berasal dari bahasa Hebrew, Hannah atau Chanah yang berarti “rahmat” dan “karunia”. Nama ini top 10 tahun 1880-1920 di Amerika bahkan dipakai juga untuk nama laki-laki, namun sejak 1930 sudah tidak umum lagi.

18. Mary, 11.303.767 orang. Mary dari bahasa Ibrani artinya “kekasih” atau “dimuliakan”. Asal katanya dari Miriam. Dalam Kitab Perjanjian Lama dikenal sebagai saudari dari Musa, pembebas orang israel dari perbudakan di Mesir. Bagi umat Kristiani ada Virgin Mary, ibunda Yesus. Kemudian Mary Magdalena yang merupakan pengikut setia Yesus yang hadir pada penyaliban dan kebangkitan Yesus.

19. Jean, 11.024.162 orang. Jean asalnya nama maskulin dari Bahasa Prancis dan Ibrani yang bermakna “Tuhan Yang Murah Hati”. Untuk lebih feminin orang Prancis dan Inggris membuat varisasinya menjadi Jeanne.

20. Robert, 10.170.794 orang. Robert memiliki makna “kemenangan yang cemerlang”. Nama ini diambil dari nama Jerman kuno Hrodeber terdiri dari dua kata, Hrod berarti “ketenaran” dan behart berarti “cerah”. Nama Robert banyak digunakan oleh bangsawan di Eropa pada abad pertengahan.

 

Siap-siap 9 besar nih. Terbanyak pertama kita bahas diakhir ya. Berikut nama pasaran terbanyak kedua sampai kesembilan:

2. Maria, 61.134.526 orang. Nama Maria berasal dari bahasa Ibrani yaitu Marar yang artinya “kuat”. Sedangkan dalam bahasa Latin, berakar dari kata Miriam yang berarti “lautan”, “pahit”, “dicintai”. Dalam bahasa Urdu tersebut Maaria yang artinya “tinggi”. Nama ini lekat dengan ajaran Kristen yang dipercaya merupakan nama ibu dari Yesus. Nama Maria ini populer di daerah berbahasa Spanyol. Di Inggris variasinya menjadi Mary, nama pasaran juga peringkat 18.

3. Nushi, 55.898.624 orang. Nushi, nama yang unik untuk perempuan. Berasal dari bahasa Sansekerta artinya “manis” atau “pemanis”, juga memiliki akar bahasan India kuno yg maknanya diasosiasikan dengan “bulan” atau “malam”.

4. Jose, 29.946.427 orang. Jose merupakan kata pujian dari kata kerja bahasa Ibrani, Yosef yang berarti “Tuhan Akan Menambahkan”. Nama ini populer untuk nama anak laki-laki. Padanan nama Jose dalam bahasa Spanyol adalah Joseph, nama pasaran peringkat 26 yang dimiliki 8.630.838 orang.

5. Wei, 17.145.807 orang. Dalam bahasa Mandarin kuno, nama Wei merujuk pada bangunan di kedua sisi gerbang istana kerajaan. Sejarah nama ini panjang sekali. Asalnya Wei merupakan nama wilayah kekuasaan di Provinsi Shanxi. Kemudian tahun 403 SM terpecah menjadi 3 bagian salah satunya Negara Wei yang didirikan oleh orang dengan nama yang sama, Wei Huan Zi.

6. Ahmed, 14.916.476 orangDalam bahasa Arab, nama Ahmad berasal dari akar kata hamd yang artinya “pujian”. Nama Ahmad berkaitan dengan misi Nabi Isa membenarkan firman Allah bahwa akan akan Rasul setelahnya yang bernama Ahmad. Tertulis dalam Al-Qur’an surah As Shaf ayat 6.

7. Yan, 14.793.356 orang. Nama Yan dapat dipakai untuk nama laki-laki atau perempuan. Dalam bahasa Mandarin, Yan berarti “cantik”, ”menawan”, ”tebing” atau “batu” tergantung karakter kanji dalam penulisannya.

8. Ali, 14.763.733 orang. Mendengar nama Ali mungkin orang berpikir Arab, padahal Ali juga berakar dai bahasa Inggris dan Prancis. Maknanya pun sama yaitu “mulia”, “tinggi”, “agung”.

9. David, 13.429.576 orang. Nama David adalah variasi dari Dawid, akar kata dari bahasa Ibrani yaitu Dod artinya “kesayangan”. Bagi bangsa Yahudi, David ini Raja yang berjaga membunuh raksasa Goliath hanya dengan ketapel dan batu. Dalam Al-Qur’an ini adalah kisah Daud kecil –belum menjadi Nabi- melawan Raja Jalut.

Oke, sekarang apakah nama pasaran alias terbanyak di dunia. Dengan jumlah mencapai 133.349.300 orang, yaitu nama Muhammad.

Gambar :  IslamiGems


Muhammad memikir akar bahasa yang sama seperti Ahmad, berasal dari bahasa Arab artinya “layak dipuji”. Inilah nama nabi kebanggaan umat Islam seluruh dunia. Nama ini diberikan oleh kakek Nabi dan memiliki makna yang dalam bagi umat Islam. Muhammad adalah Nabi terakhir yang diutus untuk menyempurnakan akhlak manusia. Biografi hidupnya sangat lengkap tercatat sebelum beliau lahir sampai wafatnya. Setiap perkataannya bahkan menjadi pedoman ibadah umat Islam setelah Al-Qur’an. Tidak mungkin seseorang bisa punya follower nama sedemikian banyaknya kalau bukan karena pengaruh yang sangat luar biasa dan melegenda.

Itulah nama-nama pasaran yang ada di dunia. Apakah berhasil menebak peringkat pertama? Tulisan ini menjawab tantangan Mamah Gajah Ngeblog bulan September 2024 dengan tema “Kisah di Balik Nama”. Terima kasih sudah membaca dan menjejak di komentar. :D





Referensi:

Antonio. https://www-mamanatural-com.translate.goog/baby-names/boys/antonio/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=wa

Arsitta Dwi Pramesti. Arti Nama Juan dan 30 Rangkaian Nama untuk Anak Laki-laki, Lengkap dengan Karakternya.  1 Agustus 2024. https://www.haibunda.com/nama-bayi/20240728023129-88-343517/arti-nama-juan-dan-30-rangkaian-untuk-anak-laki-laki-lengkap-dengan-karakternya

Benidamika J. Latam. Jean: Name Meaning, Origin, History, Popularity. 7 Mei 2024. https://www-momjunction-com.translate.goog/baby-names/jean/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc   

Ella Sandi. Terinspirasi dari Nama Raja, Inilah Arti Nama David Beserta Sifat dan Karakternya. https://id.theasianparent.com/arti-nama-david

Gita Meirillia. Arti Nama Ana Berserta SIfat, Karakter dan Rangkaian Namanya. https://id.theasianparent.com/arti-nama-ana#:~:text=Jika%20diterjemahkan%20dalam%20bahasa%20Indonesia,atau%20Maria%2C%20yaitu%20Santa%20Anna.

Ipshita Chakraborty, MA. Li Name, Origin, History, and Popularity. 7 Mei 2024. https://www-momjunction-com.translate.goog/baby-names/li/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

Ipshita Chakraborty, MA. Mary: Name Meaning, Origin, History, and Popularity. 7 Mei 2024. https://www-momjunction-com.translate.goog/baby-names/mary/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

Ipshita Chakraborty, MA. Explore Nushi: Meaning, Origin, Popularity. 27 Juni 2024. https://www-momjunction-com.translate.goog/baby-names/nushi/?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=wa

Khulafa Pinta Winastya. Hasil Survey Nama Paling Populer di Dunia Sepanjang Tahun 2023, Muhammad Ada di Nomor 1. 1 Agustus 2023. https://www.merdeka.com/trending/hasil-survey-nama-paling-populer-di-dunia-sepanjang-tahun-2023-muhammad-ada-di-nomor-1-9208-mvk.html?page=6

Ousama El Fatha Kusnandar. Arti Nama Anna yang Mendalam dan Penuh Doa untuk Anak Perempuan. 15 Desember 2023. https://www.haibunda.com/nama-bayi/20231208071707-88-323272/arti-nama-anna-yang-mendalam-dan-penuh-doa-untuk-anak-perempuan#:~:text=Anna%20merupakan%20nama%20feminin%20berakar,(Prancis)%2C%20dan%20Ann.

Renee Plant. What is the Meaning of the Name Michael?. 16 April 2024. https://www-parents-com.translate.goog/michael-name-meaning-origin-popularity-8622392?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

Sejarah Keluarga Hui: Arti Nama Keluarga Hui. https://www-ancestry-com.translate.goog/name-origin?surname=hui&_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

Sejarah Keluarga Michael. https://www-ancestry-com.translate.goog/name-origin?surname=michael&_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=wa

Sejarah Keluarga Wei. https://www-ancestry-com.translate.goog/name-origin?surname=wei&_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

Vicky Yip. Arti Nama Joseph. 14 Juni 2024. https://www-parents-com.translate.goog/joseph-name-meaning-origin-popularity-8622403?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc

Ying. https://namamia.com/arti-nama/ying.html

Yousika Nindiana. Primbon Nama Islam, Abdul. 25 Juli 2014. https://www.fimela.com/parenting/read/3846745/primbon-nama-islam-abdul

6 comments:

  1. Unik memang ya nama Sistha. Baru tahu kalau artinya mulia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya teh saya baru paham artinya pas nulis ini.. ternyata ibu mengambil dari bahasa Jawa bukan serapan kata "sister" hihi

      Delete
  2. Masya Allah. Aku udah duga nomor 1 itu Muhammad. Ga jauh2 paksu juga nama depannya itu. Banyak nama yang terkesan asalnya dari mana tapi ternyata belum tentu ya. Aku kok kayanya ga pernah dengar nama Nushi tapi ya, mungkin jarang di Indonesia disebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangga ya teh sekaligus jadi ingat perjuangan Nabi Muhammad. Kalau dilihat2 nama2 ini kebanyakan dipakai karena dasar keyakinan (agama).
      Nushi sptnya nama yg populer di negara lain, bukan di Indonesia ya

      Delete
  3. Teh Sistha, nama "Sri Wahyuni" ini termasuk umum di era 90an ya. Jadi dulu Papah kan guru, nah saya seringkali dimintain bantuin masukkin nilai di bukunya Papah. Nama "Sri Wahyuni" dan "Sri Rejeki" adalah yang terbanyak, Teh. Ehehe. Eh btw nama saya ada Sri-nya juga ya ehehe.

    ReplyDelete
  4. Bener teh. Sri Rejeki juga banyak, suka jadi nama toko juga ya hehe.
    Ternyata masih populer di tahun 90-an ya. Kirain lebih jadul lagi, 60-70 an.

    Halo teh Sri, saya suka nickname teteh. Uril. Unik dan terdengar cute 🥰

    ReplyDelete